Subhanallah!!!! Mari Baca Sama-sama Renungan akhir tahun..

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
20

Hidup seperti perjalanan yang panjang, dimana kita terus berupaya mengejar rejeki untuk mencari kebahagiaan. Terkadang ada juga yang tersesat sampai mengambil yang bukan haknya……. Namun pada akhirnya kita akan mati dan semua yang kita perjuangkan akan kita tinggalkan ……….  
Lantas jika semua akan  kita tinggalkan, untuk apa sebenarnya kita banting tulang, jatuh bangun, ngotot dan stress terus menerus mencari uang….? apakah ada jaminan kebahagiaan….? 

Hidup adalah kesenangan yang menipu.

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, Perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanamannya mengagum kan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian hancur. Dan di akhirat ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu” (QS,57:20).

Kita diciptakan untuk menyembah Tuhan.

Jika kita tarik dari awal,sebenarnya Tuhan menciptakan kita hanya untuk menyembah : “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku” (QS 51 : 56).  “Peringatkan-lah olehmu sekalian, bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak) disembah melainkan Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku”.( QS, 16 : 2). Namun kadang kita terbawa arus untuk mencari kebahagiaan yang kita inginkan.

Kita semua akan mendapatkan cobaan yang sebenarnya.

3baf3bd00326565b7d441bddba83c65b1d475f68 
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan”.(QS,21:35)

1.Cobaan penderitaan.

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat” (QS, 2:214).

flight 

 2.Cobaan kesenangan. 

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik “ (QS, 3:14). “Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar”. (QS, 8:28).

Balasan iman dan berbuat baik.


5 

1.Kebaikan dengan keimanan akan dibalas kebaikan.

Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sungguh akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sungguh akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (QS,16:97).

2.Diberikan jalan keluar.

“Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah akan  jadikan baginya jalan keluar,  dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barang siapa yang bertwakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupi kebutuhannya”.(QS, 65 : 2-3)

3.Kelak akan dibalas surga.

“Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, kelak akan kami masukan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya  mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah telah membuat sesuatu janji yang benar, dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah?” (Q, An Nisa:122).

Bagi yang tidak perduli.

1.Gelisah dan sedih.

“Bagi seorang yang kurang amalan-amalannya maka Allah akan menimpanya dengan kegelisahan dan kesedihan”. (HR. Ahmad)

25cukrik 

2.Tidak beruntung.

“Hai orang-orang beriman, sesungguhnya meminum khamar, berjudi, berkorban untuk berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan” (QS 5:90)

3.Hilang rezeki.

“Dan seorang laki-laki dienyahkan baginya rezeki karena dosa yang dibuatnya” (HR At Tarmizi). “ Sesungguhnya seorang diharamkan rezeki baginya disebabkan dosa yang diperbuatnya”. (HR. Tirmidzi dan Al Hakim).

4.Kerugian.

“Dan kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukan (Nya), (yaitu) orang-orang yang tidak menunaikan zakat dan mereka tidak percaya akan adanya (kehidupan) akhirat”. (QS 41, 6:7).

Allah akan menerima tobat.

Jika sudah terlanjur berbuat buruk, janganlah berputus asa, Tuhan masih memberikan kesempatan memperbaiki, jika manusia betaubat dengan sebenarnya-benarnya :
Allah akan mengampuni  jika bertaubat. “Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertobat, ber-iman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar”(QS, 20:82).
Sebelum ajal dan sebelum matahari terbit dari barat. “Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba selagi nyawa belum samapai  di tenggorokannya, dan selagi matahari belum terbit dari arah barat.” (HR. At-Tirmidzi dan dinyatakan HASAN oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah).

Kiamat.

1326130396-498 
Pada suatu waktu, pasti kehidupan dunia akan berakhir (kiamat) : “Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan” (QS, 101:5).  
“Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikit pun…..”(QS, 21:47). “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah (atom), niscaya dia akan melihat (balasan) nya”.(QS, 99:7). “Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula”(QS, 99:8).

Surga bagi  yang beriman dan berbuat baik dan neraka bagi yang durhaka.

”Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya”.(QS, 2:82). . “Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan”.(QS, 4:14)
Allah swt. berfirman (QS, 59:18) ;  “Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri kalian memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat): dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Download PDF
loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Subhanallah!!!! Mari Baca Sama-sama Renungan akhir tahun.."

Posting Komentar