Seperti kita ketahui, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud akan berkunjung ke Indonesia pada 1 Maret 2017. Raja Salman dan rombongannya akan melakukan diskusi kenegaraan dengan Presiden RI Joko Widodo beserta para menteri.
Selain untuk berdiskusi, ada beberapa fakta menarik dari kunjungan yang dilakukan Raja Salman dan rombongannya ini.
Berikut ini 8 fakta di balik kedatangan Raja Arab Saudi dan rombongan ke Indonesia:
1. Kunjungan Pertama Setelah 46 TahunKunjungan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud pada 1 hingga 9 Maret 2017 ini adalah kunjungan kepala negara Arab paling bersejarah bagi Indonesia. Hal ini karena kunjungan sebelumnya oleh Raja Faizal terjadi 46 tahun silam.
2. Bawa 10 Menteri dan 25 PangeranSeperti diberitakan, Raja Salman Abdulaziz bakal membawa rombongan dengan jumlah yang sangat banyak. Sekitar 1.500 orang dan 25 pangeran akan turut serta dalam kunjungan kali ini.
“Kunjungan ini akan membawa rombongan terbesar, lebih kurang 1.500 orang, 10 menteri dan 25 pangeran,” kata Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, seperti dikutip dari Tribunnews.com.
3. Rombongan Diangkut Tujuh Unit PesawatKarena banyaknya rombongan yang ikut, sebanyak tujuh unit pesawat sudah disiapkan untuk mengangkut mereka.
4. Membahas Tiga Topik PentingDalam pertemuan kenegaraan dengan Kepala Negara Indonesia ini akan membahas sedikitnya tiga topik.
Seperti penambahan kuota jemaah haji, peningkatan wisatawan Timur Tengah ke Indonesia serta perlindungan warga negara Indonesia yang bermukim di Arab.
5. Berikan Santunan ke Keluarga Densus 88 yang Tewas BertugasArab Saudi dan Indonesia bekerja sama dalam bidang penanggulangan terorisme dan radikalisme. Pihak Saudi juga akan pemberian santunan bagi anggota Densus 88 Antiteror yang gugur dalam melaksanakan tugas.
“Jadi anggota Densus yang meninggal dunia, orangtuanya akan dihajikan oleh Kerajaan Arab Saudi,” ucap Pramono Anung.
6. Liburan ke BaliRaja Salman bakal bertolak ke Bali untuk liburan pada 4 Maret 2017. Agenda itu bakal dilakukan hingga 9 Maret 2017.
“Dari tanggal 1 sampai 4 Maret 2017 itu kami terima sebagai tamu negara. Berikutnya, yang di Bali, ya itu perjalanan keluarga ya, private,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.
7. Menginap Sekitar Nusa Dua BaliKetua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati memerkirakan, Raja Salman beserta rombongan kerajaan akan menginap di wilayah Nusa Dua.
“Saya sudah mendengar kabar ini. Tetapi kepastiannya seperti apa dan di mana mereka menginap saya belum mendapatkan kabarnya.”
8. Ketatnya Pengamanan PolriPolri berencana menggelar pertemuan terkait pengamanan orang nomor satu di Arab Saudi dan rombongannya itu.
“Itu baru mau dibahas. Nanti itu kan dikumpulkan di Setneg (Sekretariat Negara) dulu untuk bagaimana rencana pengamanannya.”
Kabid Humas Polda Bali, AKBP Hengky Widjaja masih belum bisa menjelaskan secara detil terkait pengamanan Raja Salman.
“Tentunya akan dikawal ketat, ini kelasnya VVIP, sekelas presiden. Kami masih membahas soal pengamanannya bersama institusi terkait,” jelasnya.